Belajar memperkenalkan diri sendiri dan mengenal teman melalui kegiatan wawancara, pendidikan Pancasila kelas 3 SD



Belajar memperkenalkan diri sendiri dan mengenal teman melalui kegiatan wawancara

Senin, 29 Juli 2024

Tujuan pembelajaran pendidikan Pancasila pada hari ini adalah agar murid dapat mengenali dirinya sendiri sebagai individu, sebagai bagian dari masyarakat dan lingkungannya, sebagai warga negara Indonesia, dan warga negara dunia. Selain itu siswa juga diharapkan dapat mengenali dan memahami bahwa Indonesia itu bangsa yang majemuk, yang berbhineka, baik dari segi suku, ras, bahasa, agama, dan kelompok sosial.


Kegiatan pada hari ini saya awali dengan mengajak mereka untuk saling memperkenalkan diri mereka sendiri.

"Pak, kan sudah kenal semuanya Pak?" kata Arsellio.

"Baik, Arsellio, apakah kamu sudah tahu di mana rumah Chandra?" 

Ternyata Arselio belum tahu di mana rumahnya Chandra.

Saya kemudian bertanya lagi kepada anak-anak di kelas, "Siapa yang tahu apa hobi dari Isyana?"

Beberapa siswa menyebutkan macam-macam hobi yang mungkin disukai oleh Isyana. Akan tetapi di antara mereka banyak juga yang mengaku tidak tahu apa hobi Isyana, mereka juga tampak menggeleng-geleng tanda bahwa mereka tidak tahu.

"Nah, karena banyak juga di antara kita yang belum tahu satu sama lain siapa teman kita, maka mari kita coba memperkenalkan diri kita sendiri dengan bahasa yang baik," kata saya.

Nama saya Thania. Rumah saya di Plalangan. Saya hobi menonton TV dan memasak. Cita-cita saya ingin menjadi seorang koki atau chef. Ibu saya berasal dari suku Jawa,  ayah saya dari Etnis China/Tionghoa.  Saya beragama Kristen.

Anak-anak bergiliran masih satu persatu dan memperkenalkan diri mereka sendiri.

Mereka bertepuk tangan setelah teman mereka selesai memperkenalkan diri.

Setelah itu saya ajak mereka untuk saling mengenal satu sama lain. Saya mengajari mereka untuk melakukan wawancara menanyakan kepada teman-temannya tentang apa hobi mereka, di mana mereka tinggal, nama panggilan yang disukai, dan lain-lainnya.

Saya memberikan kebebasan kepada anak-anak 10 menit untuk saling berkunjung ke tempat duduk temannya, bertanya dan melakukan wawancara, dan kemudian menuliskan hasil wawancaranya.

Dari 28 siswa saya di kelas 3A, semuanya berhasil melakukan tugas mereka dengan baik dan selesai tepat pada waktunya.

Berikut ini adalah beberapa dokumentasi foto kegiatan pembelajaran hari ini.
















Dalam kegiatan hari ini pada pelajaran pendidikan Pancasila ini saya juga mengajak mereka untuk bersenang-senang menyanyikan lagu siapa namamu karya AT Mahmud. Dengan diiringi dengan gitar, saya merasa anak-anak cukup senang dengan pembelajaran hari ini. []
close