Cerita Wayang Pandawa - Pelajaran Bahasa Jawa kelas 3 SD


Pandawa Lima

Pandawa lima itu putra dari Prabu Pandudewanata, Raja di Hastinapura atau Ngastina. Prabu Pandudewanata mempunyai istri dua orang, yaitu Dewi Kunti dan Dewi Madrim.  Prabu Pandu dan Dewi Kunti mempunyai tiga orang putra yaitu Raden Yudistira atau Prabu Puntadewa, Raden Bratasena atau Raden Werkudara, dan Raden Permadi atau Raden Janaka atau Arjuna. Sedangkan Prabu Pandu dan Dewi Madrim mempunyai putra kembar yaitu Raden Nakula dan Raden Sadewa.

Sayangnya Prabu Pandu dan Dewi Madrim meninggal dunia ketika para Pandawa masih kecil-kecil. Yang menggantikan menjadi raja yaitu Paman para Pandawa yaitu Prabu Dhestrarastra. Sejak kepergian ayahnya,hidup para Pandawa sangat menderita karena disia-siakan oleh para Kurawa yang berjumlah 100, putra dari Prabu Dhestrarastra. Anak-anak prabu Dhestrarastra itu memiliki watak yang suka menyakiti sesama, sewenang-wenang, Angkara murka, dan sangat serakah. Mereka menginginkan kemuliaan Keraton Ngastina akan dikuasai sendiri.

Pandawa lima itu Satria yang sangat belas kasih dan sangat sabar. Apalagi kepada para Kurawa, saudara mereka sendiri. Akan tetapi sebaliknya, Kurawa justru menganggap Pandawa tidak seperti saudara, akan tetapi dianggap musuh. Kurawa khawatir jika Pandawa akan mengambil kembali kerajaan Hastinapura, oleh sebab itu selalu mencari cara untuk melenyapkan para Pandawa. Sudah berkali-kali Kurawa berusaha mencelakakan para Pandawa. Para Kurawa berusaha mencelakakan pandawa dengan cara meracun makanannya, membakar hidup-hidup para Pandawa, sampai mengusirnya dari Keraton. Akan tetapi para Pandawa tetap sabar, tetap kasih sayang, mudah memaafkan kepada para Kurawa. Para Pandawa memilih untuk mengalah kepada saudaranya.

Watak para Kurawa yang suka sia-sia, dan suka sewenang-wenang kepada para Pandawa itu menjadikan Kurawa dibenci oleh rakyat kecil. Sedangkan watak para Pandawa yang sabar, belas kasih, dan cinta kepada sesama menjadikan para Pandawa sangat dicintai oleh rakyat kecil. Banyak rakyat kecil yang dengan rela atau ikhlas membantu atau memberi pertolongan kepada para Pandawa. Sehingga pada akhirnya para Pandawa berhasil membangun istana sendiri di Amarta. Raden Yudistira kemudian menjadi raja yang bergelar prabu Puntadewa. Para Pandawa berhasil mencapai kemuliaan hidup mereka. Sedangkan para Kurawa pada akhirnya kalah perang dan mati semuanya dalam perang baratayuda. []

close